The Next Level

“Demikianlah Yusuf menimbun gandum seperti pasir di laut, sangat banyak, sehingga orang berhenti menghitungnya, karena memang tidak terhitung.” (Kej 41:49)

Yusuf diproses oleh Tuhan selama 13 tahun sejak ia berusia 17 tahun sampai usia 30 tahun, dan akhirnya ia menjadi orang nomor dua di Mesir. Selama 13 tahun ia bertahan dalam proses karena ia memegang janji Tuhan yang ia terima melalui sebuah mimpi dan Yusuf mengalami naik ke level yang lebih tinggi. Mengapa Yusuf bisa naik ke level yang lebih tinggi?

Syarat untuk naik ke level yang lebih tinggi :

1. Dipenuhi Dengan Roh Kudus

“Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: “Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?” (Kej 41:38)

“Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” (Kis 2:38)

Tiga tahapan penting orang percaya : Bertobat (menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru S’lamat pribadi), Dibaptis (bapto/baptiso : selam), Menerima karunia Roh Kudus (harus lewat baptisan Roh kudus).

“Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.” (1 Kor 12:7-10)

Setiap orang dikarunia penyataan Roh yang berbeda-beda sesuai dengan yang dikaruniakan kepadanya. Tanda orang yang penuh dengan Roh Kudus tidaklah mutlak berbahasa Roh karena berbahasa Roh adalah karunia Roh. Tanda orang yang dipenuhi Roh Kudus adalah hidup tertib dan dipimpin oleh Tuhan.

2. Berakal Budi dan Bijaksana

“Kata Firaun kepada Yusuf: “Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau.” (Kej 41:39)

Orang yang sukses adalah orang yang menggunakan kerjasama antara hati dan pikiran. Ilmu pengetahuan tanpa iman adalah buta dan iman tanpa ilmu pengetahuan adalah lumpuh.

3. Pekerja Keras, Pantang Menyerah dan Menyelesaikan Tugasnya Dengan Baik

“Yusuf berumur tiga puluh tahun ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir itu. Maka pergilah Yusuf dari depan Firaun, lalu dikelilinginya seluruh tanah Mesir.” (Kej 41:46)

Orang yang naik ke level yang lebih tinggi adalah orang yang mau bekerja lebih, memberikan yang terbaik dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan. Jangan pernah katakan “Tuhan, aku punya masalah yang besar” tapi “masalah, aku punya Tuhan yang besar”.

4. Miliki Mental Manasye (Jalan menatap kedepan dan lupakan masa lalu)

“Yusuf memberi nama Manasye kepada anak sulungnya itu, sebab katanya: “Allah telah membuat aku lupa sama sekali kepada kesukaranku dan kepada rumah bapaku.”” (Kej 41:51)

Masa lalu bisa menjadi penghalang keberhasilan kita dimasa yang akan datang dan menjadi pengikat sehingga kita tidak bisa berlari menuju garis finish hidup kita. Oleh karena itu, lupakan segala yang tidak baik dari masa lalu kita dan tatap masa depan yang Tuhan sediakan.

5. Miliki Iman Efraim (Ditengah masa sukar, aku justru diberkati)

“Dan kepada anaknya yang kedua diberinya nama Efraim, sebab katanya: “Allah membuat aku mendapat anak dalam negeri kesengsaraanku.” (Kej 41:52)

“And the name of the second called he Ephraim: For God hath caused me to be fruitful in the land of my affliction.” (Genesis 41:52) (KJV)

“TUHAN YESUS MEMBERKATI” 

Pdt. Andi Panggabean, MA. D-Min.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s