Sikap Di Hari Terakhir

Posted: 22 February 2012 in Khotbah, Rohani
Tags: , , , ,

“Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.” (I Pet 4:7-8)

Alkitab sudah menubuatkan bahwa hari-hari terakhir akan datang masa yang sangat sukar dan kesudahan segala sesuatu semakin dekat. Kita tidak dapat mengubah apa yang ada diluar kita tapi kita dapat mengubah cara pandang kita dalam menghadapi krisis.

Dalam menghadapi hari-hari terakhir maka orang percaya harus memiliki prinsip, yaitu :

1. Menguasai Diri

“Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” (Ams 16:32)

Tuhan Yesus mengalami stress yang paling tinggi adalah ketika Ia berada di taman Getsemani, apa yang membuat Yesus begitu stress dan takut ? Karena sisi kemanusiaanNya yang muncul ketika Ia harus menebus dosa manusia. Terjadi pertempuran yang hebat antara keinginan PribadiNya dan kehendak Bapa yang disorga. Untuk menang diakhir zaman maka kita harus melawan setiap keinginan daging menuju kepada kehendak Bapa melalui firmanNya. Mengapa kita harus menguasai diri ? Karena ini adalah medan pertempuran kita yang sesungguhnya. Ibadah yang sejati adalah mempersembahkan tubuh yang utuh kepada Tuhan.

“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.” (Roma 12:1).

Bagaimana kunci untuk memberikan persembahan yang benar?

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Rom 12:2)

Perubahan dalam bahasa asli “Metanoia” yaitu perubahan pola pikir. Ibadah yang sejati adalah mempersembahkan tubuh dengan pikiran yang selaras dengan pikiran Kristus. Ada harga yang harus dibayar untuk sebuah prinsip yang kita ambil dalam hidup ini.

“Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.” (I Tim 6:6).

Rasa cukup adalah sebuah karakter, orang yang diberkati rasa cukup adalah pilihan.

2. Rasa Aman

“Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.” (I Pet 4:7)

Rasa aman kita hendaklah ditaruh dalam pengharapan kita kepada Tuhan Yesus.

“Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.” (Ibr 12:2).

Tanda orang yang menaruh rasa amannya pada hal-hal yang fana adalah ketika hal itu hilang maka kita akan terguncang, tapi ketika kita menaruh rasa aman kita pada Tuhan maka Ia akan senantiasa menolong kita. Tuhan Yesus memiliki kasih dan kuasa dan mampu dan mau untuk menolong kita.

3. Bergantung Pada Tuhan

“Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.” (I Pet 4:7).

Tanda orang yang hidup didaerah bertuan adalah rang yang tunduk kepada tuannya. Doa adalah tanda adanya ketergantungan kita kepada Tuhan. Doa menyatakan bahwa seseorang itu memiliki Tuhan dan hidupnya tidak liar. Doa menyatakan kebutuhan kita untuk melekat kepada Tuhan. Waktu untuk kita paling jujur kepada Tuhan adalah waktu kita berdoa dan menyatakan isi hati kita pada Tuhan.

Menghadapi akhir zaman yang semakin sukar, Tuhan ingin agar setiap orang percaya memiliki sikap hidup yang benar dihadapan Tuhan. Sikap hidup yang memiliki prinsip untuk menguasai diri, memberikan rasa aman kepada Tuhan dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Amin…

“TUHAN YESUS MEMBERKATI”

khotbah lain dari : Pdt. Rubin Ong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s