“Luangkan waktu dengan bijak”

Posted: 10 August 2009 in Kita Harus Tahu
Tags:

Luangkan Waktu Anda Dengan Bijak Kebanyakan orang mengira bahwa yang dimaksud kekayaan sejati adalah kalau memiliki banyak uang, sehingga bisa membeli segala yang diinginkan. Tetapi, orang yang bijak memahami betul bahwa kaya yang sejati bukan hanya berarti kita bisa lebih banyak membeli sesuatu. Menurut mereka, kaya sejati itu juga kalau kita bisa lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang ingin kita lakukan.

Coba Anda renungkan sejenak.

Bayangkan kalau kita sudah tua nanti. Rambut kita sudah mulai beruban dan kita sendang duduk di depan rumah jompo. Saat itu, kita sedang berpikir ke belakang, tentang waktu-waktu yang telah kita lewatkan dalam hidup ini. Menurut Anda, hal-hal apa saja yang lebih kita sesali. Apakah kita lebih menyesal karena kita tidak bisa membeli rumah yang lebih bagus? Atau, kita lebih menyesal karena kita tidak bisa meluangkan waktu lebih banyak dengan anak-anak ketika mereka masih kecil? Lalu, hal mana yang lebih Anda sesali? Tidak bekerja sungguh-sungguh di kantor sehingga karir kita kurang maju? Atau menyesal karena tidak bisa meluangkan cukup waktu untuk orang tua kita, atau untuk teman-teman kita pada saat mereka membutuhkan kita?

Waktu adalah merupakan suatu komoditi yang sangat berharga, bahkan jauh lebih berharga daripada emas sekalipun. Karena, setelah waktu berlalu maka waktu itu tidak pernah akan kembali lagi! Contohnya, jika mobil kita rusak, kita bisa saja membeli mobil yang baru. Kalau Anda kehilangan pekerjaan, Anda bisa mencari pekerjaan lainnya. Kalau Anda kehilangan uang karena bisnis Anda gagal, Anda bisa mencari uang dengan cara lain. Tetapi, Anda tidak akan pernah mendapatkan waktu Anda kembali kalau sudah terlanjur Anda lewatkan dengan sia-sia. Betul’kan? Jadi jelasnya, kalau waktu sudah berlalu, maka waktu itu akan hilang selamanya.

Sebuah peribahasa Cina mengatakan: Adalah lebih baik membuang semua kekayaan kita dalam sumur yang dalam, daripada membuang sia-sia sedikit waktu yang kita miliki. Oleh karena itu, kaya sejati adalah kalau kita bisa memiliki cukup uang dan CUKUP WAKTU untuk melakukan apa saja yang kita inginkan kapan pun kita menginginkannya. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keuntungan terbesar kalau kita bisa menjadi orang kaya sejati adalah, bahwa kita akan memiliki kebebasan untuk memilih dengan cara apa kita meluangkan waktu kita.

“Sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.” (Yak 4:14)

“Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.” (Ef 5:16-17).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s