“SELALU MENGUCAP SYUKUR”

Posted: 4 August 2009 in Renungan

SELALU MENGUCAP SYUKUR

Bacaan: Kolose 3:17

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. (Kol. 3:17)

Tekanan ekonomi, persoalan rumah tangga, kesehatan, dan segala macam persoalan hidup mungkin tengah melilit, tetapi kita harus selalu mengucap syukur. Rasanya hal tersebut sangat kontradiksi, karena di tengah kemelut yang menghantam hidup, kita harus mensyukurinya.

Kadang kala kita juga harus menghadapi hal-hal yang ironis. Di satu sisi kita diperdaya atau dianiaya orang lain, tetapi di sisi lain kita harus mengucap syukur. Menurut logika manusia tentunya sangat tidak bisa diterima. Sudah disakiti, tapi tetap bersyukur!

Kalau kita menggunakan logika memang tak mampu menguraikan pengertian tentang ucapan syukur. Tetapi, jika dengan mata iman kita melihatnya, maka kita akan melihat paling tidak 3 alasan, kenapa kita harus selalu mengucap syukur kepada Allah.

  1. Kita tahu siapa yang mengatur hidup kita. Ucapan syukur tersebut merupakan refleksi iman kita untuk menyerahkan hidup ini dalam tangan Tuhan, sehingga kita tidak egois dan mengerti bahwa kehendakNya saja yang boleh terjadi dalam kehidupan kita. Kesadaran dan pemahaman yang tulus tentang firman Tuhan, menuntun kita pada pengertian yang tulus pula, yaitu tentang peran Tuhan dalam hidup orang percaya.
  2. Kita tahu bahwa segala yang Dia berikan itu baik adanya. Allah tahu yang terbaik dalam kehidupan kita. Jangan bersungut-sungut meski dalam keadaan sulit sekalipun. Itu bukanlah alasan untuk membenarkan tindakan kita.
  3. Kita akan mendapat kekuatan. Dalam posisi bagimanapun, jika kita mau menyadari bahwa segala pencobaan akan mampu kita tanggung, maka Tuhan sendiri yang akan memampukan kita untuk menghadapi berbagai persoalan yang mungkin tengah menghadang.

Ungkapan syukur yang kita sampaikan kepada Tuhan, menjadi bagian dari komunikasi kita dengan Tuhan. Artinya, kita tahu bahwa Allah pasti selalu menopang dan menolong hidup kita. Dia terlibat dalam segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi kita. Jadi, adalah suatu kewajiban kita untuk selalu mengucap syukur. Haleluyah! (GL)

Doa:

Terimalah ucapan syukur kami Bapa, atas kasih dan karuniaMu yang begitu indah dalam kehidupan kami. Bapa, kami mau tetap tinggal sertaMu. Amin!

“BERSYKURLAH SELALU KEPADA ALLAH SEBAB DIALAH SUMBER SEGALA SUKACITA ORANG PERCAYA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s